Sunday, October 15, 2017

Jarang diperhatikan tapi fitur ini sangat berpengaruh pada HP

Tags
Setiap perangkat yang dijual pada pasar gadget tanah air telah di tanamkan beberapa fitur modern yang sangat mendukung kenyamanan dalam menggunakan smartphone sehari-hari. Tanpa fitur tersebut perangkat yang Anda gunakan akan berasa ketinggalan jaman dan jadul.
Fingerprint
Yang terdapat pada komponen smartphone
Meski tidak terlalu diperhatikan  bagi beberapa pengguna, ternyata dengan adanya sensor tanam tersebut Anda bisa melakukan beberapa aktifitas dengan HP tanpa merasa terganggu, baik dalam bersosialisasi ataupun bermain game Android. Berikut fitur yang anda harus tahu keberadaan-nya :

1. Sensor accelerometer,  pada dasar-nya sensor ini yang berfungsi untuk mengukur getaran (vibrasi), percepatan, sama percepatan gravitasi yang terjadi pada perangkat yang Anda gunakan. Sederhanya begini, ketika Anda memutar posisi perangkat hingga layar menjadi vertikal (tegak) ataupun horizontal (mendatar), maka tampilannya (UI) juga akan mengikuti posisi perangkat tersebut. 

Hal tersebut dapat kita rasakan saat HP Anda bergetar menerima pesan atau menerima panggilan, saat bermain game Sensor Accelerometer juga dapat berfungsi sebagai kontrollernya, Contoh yang mudah dipahami saat Anda sedang bermain game balap mobil atau motor, Saat Anda memutar perangkat sedikit demi sedikit maka kemudi mobilnya akan berbelok mengikuti kemiringan perangkat Android yang Anda gunakan.

Jadi Cara kerja Accelerometer tersebut dapat di sederhanakan sebagai sensor prinsip percepatan, jika ada sebuah per dengan beban dan dilepaskan maka beban tersebut bergerak dengan suatu percepatan sampai pada kondisi tertentu akan beban akan berhenti. Jika ada sesuatu yang menggoncangkannya maka beban akan berayun kembali. Fitur ini juga biasa di sebut shake sensor karena penggunanya bergantung pada sudut kemiringan perangkat. Setiap software sudah pasti terdapat kekurangan, hal kecil yang kurang pada sensor Accelerometer adalah hanya bertumpu pada dua sumbu (atas dan bawah).

2. Sensor Proximity, apa itu Proximity? ini adalah sensor yang berfungsi sebagai pendeteksi keberadaan suatu benda yang berada di depan sensor. Meski kelihatanya sepele tapi sensor Proximity sangat bermanfaat bagi keamanan dan kenyamanan. Contoh kecil yang dapat di ambil saat Anda sedang menerima panggilan secara otomatis layar HP akan menyentuh pipi, sensor proximity akan mendeteksi ada benda di depan sensor termasuk kulit kepala Anda. Sehingga saat hal tersebut terjadi layar HP akan dimatikan secara otomatis supaya layar tidak berubah dan melakukan hal lain seperti memutuskan sambungan telephone karena tersentuh pipi. Sensor ini juga yang akan menghidupkan layar ketika HP dijauhkan dari pipi Anda karena tidak ada benda yang terdeteksi di depan sensor.

Proximity induktif sebagai sensor pendeteksi benda tanpa menyentuh benda tersebut. Ini adalah jenis sensor Proximity yang banyak ditanamkan pada perangkat Android termasuk yang Anda gunakan saat ini.

3. Sensor Gyroscop adalah sebuah sensor yang melengkapi perangkat dan berfungsi untuk menstabilkan. contoh mudahnya seperti ini, Misalkan dalam sebuah perangkat Android mempunyai sebuah roda atau cakram yang terpasang, Sensor ini akan melakukan tugas supaya roda tersebut dapat berputar cepat pada sumbu yang bebas dari segala arah. Orientasi pada sumbu roda tidak terpengaruh oleh kemiringan karena pemasangan. Gyroscop bisa digunakan untuk memberikan stabilitas atau mempertahankan arah referensi dalam sistem navigasi, pilot otomatis, dan stabilisator pada Smartphone Android.

Gyroscope sensor dapat mendeteksi gerakan sesuai gravitasi. Agar mudah dipahami kita ambil sample Anda sedang bermain sebuah game pertempuran, dengan adanya Gyroscop kita dapat melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah untuk berputar, dengan gyro sensor ini kita cukup berputar sesuai gravitasi agar dapat melihat sekeliling.

4. Sensor Finger Print
Masuk dalam kategori fitur keamanan yang saat ini baru bisa di pakai pada Android dengan versi Marsmallow (6.0). Fitur ini sangat membantu mengamankan HP kamu, untuk selengkapnya silahkan baca di sini.

5. Sensor Compas
Sederhana tapi penting buat para pengguna Smartphone saat ini. Fungsi dari fitur ini memang hanya penunjuk arah angin akan tetapi jelas tanpa fitur tersebut aplikasi Google Maps, Waze tidak akan berfungsi dengan baik. Meski ada Global Position System (GPS) anda tetap memerlukan Sensor kompas karena fitur tersebut dapat anda pakai untuk menunjukkan barat, timur, selatan utara tanpa membutuhkan koneksi internet, di tambah lagi tidak terpengaruh oleh iklim. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon